Kontraksi Braxton Hicks

Kontraksi Braxton Hicks

Tanda dan gejala awal persalinan ini diberi nama berdasarkan nama dokter yang pertama kali mengenali tanda-tanda ini. Kontraksi Braxton Hicks, memang benar-benar merupakan sebuah kontraksi, meskipun semu. Kontraksi ini dirancang untuk menyiapkan tubuh anda untuk melahirkan sang bayi.

Pada kebanyakan kasus, kontraksi semu berjalan tidak teratur, durasi biasanya pendek (kurang dari 45 detik). Nyeri dari kontraksi dapat terasa di berbagai bagian tubuh seperti di lipat paha (selangkangan) dan perut bagian bawah atau punggung. Sedangkan pada kontraksi sebenarnya, kontraksi rahim menimbulkan nyeri yang berawal pada bagian atas rahim dan menyebar ke seluruh rahim, lewat pinggang terus panggul.

Kontraksi Braxton Hicks meregangkan bagian bawah rahim anda, yang memungkinkan kepala bayi anda berada di tulang panggul. Anda boleh mengganggap hal ini sebagai tanda-tanda bahwa kelahiran sudah semakin dekat, ketika kontraksi Braxton Hicks semakin intensif, dan menyebabkan abdomen anda semakin menegang. Biasanya ketidaknyamanan ini akan berkurang jika anda berbaring.

Kontraksi Braxton Hicks yang semakin sering dan kuat dapat merupakan petunjuk akan persalinan yang sudah dekat. Nyeri dirasakan seperti rasa kram saat haid. Kadang2 saat persalinan sudah dekat, kontraksi Braxton Hicks relatif nyeri dengan interval 10-20 menit. Tapi jika kontraksi tidak semakin lama, menguat dan intervalnya memendek maka kemungkinan suatu persalinan palsu.

Seperti apa rasanya kontraksi Braxton Hicks?

Braxton Hicks biasanya tidak begitu terasa sakit dan mirip dengan kram menstruasi. Kontraksi ini terjadi sewaktu rahim Ibu  mengencang lalu mengendor lagi dan terjadinya tidak beraturan. Menjelang akhir kehamilan Ibu, kontraksi ini terasa sedikit lebih sakit, terutama bila bayi Ibu sedang berubah posisi dengan kepala dibawah.

Ibu akan paham bahwa janin Ibu adalah sesuatu yang nyata karena kontraksinya menjadi semakin sering frekuensinya dan berlangsung lebih lama.

Sebaliknya, Braxton Hicks menghilang dan polanya tidak beraturan. Ingat, jika Ibu  ragu, konsultasikan pada dokter Ibu .

Menghadapi Braxton Hicks

Jika Braxton Hicks yang Ibu alami terasa sakit sekali, bisa jadi Ibu  sedang kelelahan. Cobalah mengubah posisi tubuh, seperti dari berdiri menjadi duduk, berbaring miring, atau berjalan-jalan sedikit.  Banyak  minum air putih untuk mencegah dehidrasi juga  bisa membantu. Lakukan hal-hal yang membuat Ibu  lebih rileks. Latihan pernafasan juga sangat baik untuk menghadapi datangnya kontraksi ini.

3 thoughts on “Kontraksi Braxton Hicks

  1. sudah kontraksi kah? =D *exciting menanti berita* hohoho…
    semoga lancar yah, mom..🙂

    sayang aq ngelahirin raka 2 minggu sebelum waktunya, jd gak ngalamin kontraksi ~_~’
    *kadang ngerasa kurang sempurna jadi ibu* huhuhu.. TT_TT

    yah yang penting babynya sehat ya, bu..😀

    • kontraksi palsu iya ehehe
      sekarang lagi banyak istirahat nih, berat na dah kerasa banget
      *plus dag dig dug juga*
      kan masih ada anak ke 2 xixixxi

      betuuulll..yang penting emang baby na sehat..aamiin..

  2. hoooo..hooo………… rasanya sakittt bagett , pa lg kl momynya lg kecapean., terapinya mandi air panas campur garam ,latihan pernafasan.jgn lupa istirahat , nikmati aja ini bagian dr keindahan allah buat kita para perempuan sempurnaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s