massage me

Hm, beberapa hari vakum ngenet😀 baru dapet kenikmatan lutut terkilir. Ko bisa? yah namana juga bumil, polah di kamar mandi ehehe untung aja dede na gpp. cuma rada kaget😀 sorena langsung panggil tukang pijit bayi. Alhamdulillah nyerina berkurang, karena terkilir pas lagi nge mall, dan baru nyampe, jadi biar terkilir jalan2 teteup wkwkwkw
Ada yang bilang saat hamil ga boleh dipijit, takut kenapa-kenapa. Bener ngga sih ? dari beberapa artikel hasil seluncuran ada beberapa pendapat, monggo dibaca😀
 

Saat hamil, apalagi jika sudah menginjak usia kehamilan trimester 3, seringkali muncul keluhan nyeri punggung belakang (backpain). Ya, hal itu adalah hal yang wajar terjadi, namun rasanya kadang benar-benar mengganggu. Untuk hal itu, pijat tampaknya adalah ide yang menarik.

Tapi, bolehkah wanita hamil dipijat selama kehamilannya? Amankah bagi kehamilan? Jawaban singkatnya: selama dilakukan oleh terapis yang benar dengan cara yang benar, maka prenatal massage adalah hal yang boleh dilakukan. Walaupun belum pernah dilakukan studi secara serius terhadap prenatal massage, tapi dipercaya bahwa pijat dapat menurunkan kadar stress dan membawa suatu relaksasi bagi wanita hamil. Jadi, benefits-nya tidak hanya secara fisik, tapi juga secara psikologis.

Pijat sangat bermanfaat dalam mengurangi stres dan merilekskan badan. Pijat akan membantu meredakan kejang otot dan kram akibat beban ekstra yang harus dibawa oleh perempuan hamil dan perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan. Pastikan menerapkan teknik pijat yang aman untuk perempuan hamil dengan menghindari bagian-bagian tubuh tertentu dan posisi yang berisiko.

Jika dilakukan dengan benar, pijat dapat merelaksasikan otot dan persendian. Backpain yang biasa dialami di trimester akhir kehamilan, juga bisa berkurang.

Ada beberapa hal tapi yang perlu diperhatikan oleh wanita hamil yang ingin dipijat saat hamil.

  • Jika Anda ada di fase awal kehamilan, beritahukan ke terapis anda bahwa Anda sedang hamil.
  • Jika perut Anda sudah cukup besar, posisi miring ke samping adalah posisi yang paling nyaman.
  • Komunikasikan dengan terapis Anda kadar tekanan/kekuatan dalam pijatan tersebut. Dan ingatlah, karena Anda hamil, mungkin Anda lebih baik untuk dipijat tidak terlalu keras.
  • Jika Anda memiliki alergi terhadap minyak tertentu, atau bahan-bahan yang mungkin digunakan dalam sesi prenatal massage, sebaiknya Anda beritahukan di depan kepada terapis Anda.

Manfaat pijat saat kehamilan 

Pijat berfungsi untuk mengurangi stres dan sekaligus mengajarkan ibu cara rileks. Seperti yang Anda tahu, relaksasi merupakan salah satu kunci utama dalam proses melahirkan. Selain itu, teknik pijat juga membantu menguatkan proses kehamilan dengan cara memperlancar aliran darah, sirkulasi limpa, mengurangi edema, dan membantu menyiapkan kesiapan mental dan fisik ibu. Selanjutnya, pijat juga berfungsi mengurangi stres persendian akibat beban ekstra dan membantu memaksimalkan kapasitas pernafasan yang sangat diperlukan dalam proses melahirkan.

Bagian tubuh yang perlu dihindari

Jika hendak melakukan pijat, pastikan mencari terapis yang ahli dan berpengalaman memijat perempuan hamil. Tubuh, mulai dari dinding lambung, kulit, payudara hingga sistem pernafasan, akan mengalami perubahan saat kehamilan. Jadi, teknik yang digunakan juga harus sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Berikut beberapa bagian tubuh yang memerlukan perhatian khusus:

Perut. Otot dan kulit pada dinding perut akan mengalami peregangan. Karena itu, hindari melakukan pijatan langsung di area perut.

Payudara. Payudara akan membesar dan sensitif sehingga sebaiknya juga dihindari pijatan langsung.

Kaki. Ukuran jantung akan membesar, terjadi perluasan pembuluh darah, volume darah meningkat hingga 30-50%, terjadi peningkatan sel-sel darah merah dan darah putih. Selain itu, volume cairan interstitial juga akan meningkat sebanyak 40% pada trimester ke-3, sehingga memicu edema. Di samping itu, perempuan yang mengalami masalah jantung juga berisiko paling besar mengalami gagal jantung pada trimester ke-3.

Karena itu, berhati-hatilah saat melakukan pijatan di area kaki karena bisa meningkatkan pengentalan darah. Otot-otot yang perlu direlakskan adalah otot-otot adductor (otot yang menarik kaki dan tangan ke arah garis pusat tubuh) sehingga otot-otot panggul juga ikut relaks. Selain itu, pastikan Anda berada dalam posisi menyamping.

Posisi saat dipijat

Kondisi badan Anda berbeda dengan perempuan yang tidak hamil. Karena itu, tempat pijat juga akan diatur sedemikian rupa sehingga Anda berada dalam posisi setengah berbaring. Posisi ini mungkin tidak terlalu nyaman bagi Anda, tapi aman untuk bayi. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk merubah posisi menghadap ke sisi kanan atau kiri sehingga terapis bisa memijat area punggung dan pinggang. Selain itu, akan ada tambahan bantal pengganjal untuk membuat Anda merasa lebih nyaman.

Nah Bunda, pijat saat hamil sebenarnya tidak dilarang jika dilakukan dengan aman🙂

Dikutip dari berbagai sumber

One thought on “massage me

  1. gak sengaja ketemu blog ini. aku mau share nih soal pijat hamil yang masih banyak pro dan kontra ini. Waktu itu aku pernah ikut seminar pregnancy di singapore dan disana aku baru tau ternyata pijat selama hamil itu sangat baik buat ibu dan janin asalkan dipijat ditempat yang benar. Nah kalo soal membetulkan posisi bayi itu jangan coba2 deh mos, karena bisa bahaya buat bayi didalam perut. Reflexi juga gak boleh karena bisa membahayakan janin juga. Jadi saran aku jangan ke dukun atau tukang pijat sembarangan. Ok lanjut ceritaku ya… pas di singapore aku coba cari tempat pijat buat ibu hamil ternyata susah banget dan akhirnya aku ketemu 1 tempat dan disana aku ngobrol sama PR nya katanya di jakarta juga ada malah lebih bagus daripada singapore, namanya mom n jo. Pas balik jakarta aku cari tau ternyata emang ada spa khusus ibu hamil dan bayi namanya mom n jo di daerah dharmawangsa dan banyak cabang mom n jo ditempat lain juga (gak tau dimana aja) aku ke mom n jo dan disana ada perawatan kecantikan yang bener2 di konsepin buat ibu hamil. Tempatnya, bahan2nya semuanya bener2 dibikin aman dan nyaman buat ibu hamil, Kalo tertarik bisa coba hubungi aja mom n jo, aku punya nomor PR nya nih 089.99.000.006 mbak helwa. katanya di surabaya juga ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s