Shalat Dhuha

Ingin sedikit memposting soal Shalat Dhuha, sekedar pengingat bagi diri sendiri, siapa tahu bermanfaat untuk yang lain juga🙂.  Tentunya bukan bermaksud menggurui, sebagai muslim saya sendiri belum sempurna, karena itulah terkadang membutuhkan pengingat😀 .

Waktu shalat dhuha dimulai dari matahari yang mulai terangkat naik kira-kira sepenggelah dan berakhir hingga sedikit menjelang masuknya waktu zhuhur meskipun disunnahkan agar dilakukan ketika matahari agak tinggi dan panas agak terik.

Keutamaan dan manfaat shalat dhuha ini, seperti yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa Rasulullah saw bersabda,”Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.”

Juga seperti yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud dari Buraidah bahwa Rasulullah saw bersabda,”Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. Ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk tiap ruas tulang tersebut.” dan para sahabat bertanya,”Siapakah yang mampu melaksanakan seperti itu, wahai Rasulullah saw?” Beliau saw menjawab,”Dahak yang ada di masjid, lalu pendam ke tanah dan membuang sesuatu gangguan dari tengah jalan, maka itu berarti sebuah sedekah. Akan tetapi jika tidak mampu melakukan itu semua, cukuplah engkau mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.”

Sedangkan dalam riwayat lain oleh Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairoh berkata,”Nabi saw kekasihku telah memberikan tiga wasiat kepadaku, yaitu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, mengerjakan dua rakaat dhuha dan mengerjakan shalat witir terlebih dahulu sebelum tidur.”

Ada juga yang mengatakan Sholat dhuha adalah sedekah dan investasi amal cadangan bagi muslim yang melakukan sholat dhuha dan setidaknya ada tiga makna filosofi dari sholat dhuha yaitu :

*. Mengingat ALLAH SWT ketika senang

*. Perwujudan syukur kepada ALLAH SWT

*. Tawakal serta berserah diri kepada ketentuan ALLAH SWT bahwa Dia yang mengatur rezeki.

Manfaat sholat dhuha yaitu meningkatkan kesehatan jasmani lebih optimal, meningkatkan kecerdasan, memudahkan jalan meraih rezeki. Dan hikmahnya hati menjadi tenang, pikiran menjadi lebih konsentrasi, kesehatan fisik terjaga, kemudahan urusan dan memperoleh rezeki yang tidak disangka-sangka.

Wallahu a’lam. Hanya Allah yang Maha Mengetahui

Dikutip dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s