Hubungan Suami Istri Menurut Pandangan Al-Quran

هن لباس لکم وانتم لباس لهن

Ayat di atas menjelaskan bahwa kedudukan suami istri bagaikan pakaian satu sama lain dan jelas bahwa pakaian memiliki ciri-ciri yang dalam kehidupan dan hubungan suami istri harus tampak, sebagian darinya di antaranya:

  1. Sebagaimana salah satu fungsi dari pakaian adalah menutup aurat dan menjaga harga diri manusia, maka suami istri juga harus demikian, satu sama lain harus saling menutupi aib dari pasangannya dan menjaga harga diri satu sama lain.
  2. Sebagaimana antara manusia dan pakaiannya tidak ada pemisah, begitu juga suami istri hubungan satu sama lain harus erat dan tidak ada orang asing yang ikut campur dalam urusannya.
  3. Biasanya seseorang menggunakan pakaian sesuai dengan musim atau udara yang ia rasakan, ketika hawa panas manusia akan memakai baju yang agak tipis tapi kalau udara panas, mereka akan menggunakan pakaian yang tebal. Begitu juga dengan hubungan suami istri, ketika suami dalam keadaan marah maka istri harus menghadapinya dengan lemah lembut, dan ketika istri dalam keadaan capek maka suami harus mengobati rasa capeknya.
  4. Pakaian dapat menjaga manusia dari panas dan dingin, begitu juga sebaliknya manusia menjaga bajunya agar tidak kotor atau robek. Maka suami istri juga harus menjaga satu sama lain.
  5. Sebagaimana pakaian dapat menghangatkan tubuh manusia, maka suami harus bisa memberi kehangatan pada keluarganya dan menjauhkan dari sifat dingin dan acuh tak acuh.
  6. Sebagaimana pakaian dianggap sebagai perhiasan maka suami istri harus menjadi perhiasan bagi yang lainnya.
  7. Sebagaimana manusia memilih baju dalam berpakaian, maka begitu juga suami istri harus mereka sendiri memilih istri atau suami.
  8. Manusia ketika memilih pakaian biasanya yang sesuai dengan dirinya dan menurut ukurannya sendiri, begitu ketika mencari istri atau suami harus yang sesuai dengan mereka masing-masing.

sumber dari sini

Hubungan cinta meskipun dalam jangka waktu bertahun-tahun tetap saja ada permasalahan dan pasang surut erat atau longgar hubungan. Apalagi hubungan itu masih dalam tahap pendekatan, tentu perlu adanya upaya untuk mempererat maupun menjaga hubungan yang telah terjalin.

Hubungan cinta tidak dapat dibiarkan mengalir begitu saja tanpa ada upaya untuk menjaganya. Berikut adalah tips dalam upaya menjaga hubungan cinta agar tetap harmonis dan saling percaya dan akhirnya hubungan itu semakin erat :

Saling Terbuka
Jika Anda dan pasangan ingin saling percaya, perlu adanya keterbukaan dari anda dan pasangan. Kala anda dan pasangan bercerita dan terbuka tanpa menyimpan rahasia apapun, maka hubungan akan semakin erat disamping adanya rasa saling percaya diantara keduanya.

Waktu Untuk Pasangan
Dalam kesibukan kerja yang sedang Anda jalani, sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk menghubungi pasangan. Di sela-sela waktu istirahat, meskipun hanya sekedar menanyakan kabar, maka pasangan akan merasa diperhatikan.

Jangan Membandingkan dengan Mantan
Satu hal yang tidak disukai oleh pasangan adalah saat Anda membandingkan dengan teman-teman dan terutama dengan mantan. Cobalah untuk hindari membandikan pasangan dengan mantan Anda.

Waktu Berkencan Lagi
Meskipun hubungan itu sudah bertahun-tahun dan telah mimiliki anak remaja atau dewasa, tetap diperlukan adanya waktu berkencan seperti masa awal-awal hubungan Anda. Luangkan waktu sesaat untuk berkencan kembali seperti masa lalu tanpa memikirkan kesibukan.

Mengingat Masa Indah
Masa indah yang telah lalu begitu sayang kalau ditinggalkan begitu saja. Dengan saling bercerita mengingat kenangan masa lalu akan menambah keharmonisan hubungan Anda.

Berilah Kejutan
Berilah kejutan yang menyenangkan pasangan Anda, misalnya pada saat ulang tahun pasangan atau saat ulang tahun pernikahan. Dengan memberikan kejutan, maka hubungan anda akan semakin romantis dan mengurangi kejenuhan.

Hindarilah Pertengkaran
Sudah sewajarnya setiap hubungan ada permasalahan. Tetapi jangan membawa kemarahan itu berlama-lama bahkan sampai esok hari. Segera komunikasikan dan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

sumber dari sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s